Skip to main content

Ekonomi Manajerial - Studi Kasus Permasalahan Marketing Perusahaan HnM

 

  1.   Harga Murah dan Upah Rendah Para Buruh

Sayangnya, harga murah yang ditawarkan oleh retailer fast fashion ini kerap menuai kritikan berbagai kalangan. Harga murah dituding rawan eksploitasi. Para produsen dianggap membayar buruh dengan upah yang sangat rendah untuk menekan biaya produksi sehingga menghasilkan barang yang murah.

Retailer fast fashion yang rata-rata berasal dari Eropa dan Amerika Serikat ini memotong biaya produksi, kerja sama dengan pabrik garmen di negara dengan gaji buruh yang rendah seperti di Bangladesh, Cina, dan Vietnam. Diwartakan oleh Business Insider, rata-rata pekerja pabrik di Bangladesh yang memasok pakaian untuk H&M hanya mendapatkan gaji kecil sebesar  87 dolar AS per bulan, jauh dari standar gaji minimum Bangladesh sebesar 286 dolar AS.

Ongkos buruh rendah ditambah dengan basis konsumen besar di negara dengan mata uang yang nilainya lebih tinggi membuat harga murah fast fashion bukan hambatan dalam meraup keuntungan.

Akademisi, aktivis, dan jurnalis yang mengkritik model bisnis fast fashion bersuara bahwa dampak negatif dari fast fashion bisa dilakukan melalui dua cara. Pertama dengan mengurangi jumlah pembelian dan beralih ke barang yang lebih mahal, tetapi memiliki kualitas untuk tahan lebih lama atau berbelanja di tempat baju bekas. 

Identifikasi Solusi :

a.     Menyetarakan gaji pegawai sesuai upah minimum regional di daerah setempat.

b.     Menyejahterakan pegawai dan perlahan mulai produksi barang fast fashion dengan barang harga kelas menengah atas demi kesejahteraan pegawai.

Memilih solusi : ( Solusi B)

“Menyejahterakan pegawai dan perlahan mulai produksi barang fast fashion dengan barang harga kelas menengah atas demi kesejahteraan pegawai”

Karena dengan HnM beralih ke produksi barang harga menengah ke atas maka income yang akan diterima lebih besar dan bisa menyejahterakan pegawai dengan memberi upah minimum regional di daerah tersebut atau mungkin bisa lebih tinggi dari UMR. Hal ini dilakukan demi mengurangi komplain dari akademisi, aktivis atau jurnalis. Yang mungkin akan beralih ke brand lain selain HnM karena mereka memboikot produk HnM karena HnM sendiri tidak memanusiakan manusia dengan menggaji pegawainya rendah di bawah UMR.

Implementasi Keputusan:

Memproduksi dan menjual barang yang menyasar kalangan menengah ke atas dengan memperhatikan sisi kwalitas barang. Menjual barang HnM dengan harga sedikit mahal namun tidak masalah karena kita mementingkan kwalitas.

  1. 2.  Masalah Rasisme dalam Iklan

“H&M” pada tahun 2018 lalu menjadi bulan-bulanan media sosial, menuduh perusahaan itu rasis. Dikarenakan salah satu katalog iklan di internet menunjukkan seorang anak laki-laki berkulit hitam mengenakan jaket dengan penutup kepala – atau dikenal dengan sebutan “hoodie” – bertuliskan “monyet paling keren di hutan.”

Menurut pakar pemasaran di Universitas Gothenburg Prof. Eva Ossiansson, isu itu menunjukkan bahwa “H&M” telah kehilangan keberuntungannya. “Hal ini menunjukkan jika perusahaan itu memiliki masalah untuk menangani perkembangan bisnis terkait e-commerce, digitalisasi dalam masyarakat kita, dan juga dalan komunikasi,” ujar Ossiansson.

Perusahaan itu minta maaf dan menarik iklan – dan juga jenis pakaian yang dijual. Tetapi kerugian akibat masalah ini sudah terjadi. Bahkan Musisi R&B Kanada The Weekend yang pernah berkolaborasi dengan “H&M” dalam iklan koleksi musim semi dan musim gugur, memutuskan kontraknya dengan perusahaan HnM.

 

Identifikasi Solusi :

a.     Sebelum menerbitkan iklan perusahaan harus memahami serta mengetahui dengan jelas keberagaman ras atau budaya. Selain itu iklan dipastikan tidak menyinggung siapapun.

b.     Perusahaan H&M harusnya melakukan penelitian lebih mendalam tentang pemilihan konsep iklan. Supaya peristiwa yang sama tidak terulang kembali.

Memilih solusi : (Solusi B)

Perusahaan H&M harusnya melakukan penelitian lebih mendalam tentang pemilihan konsep iklan. Supaya peristiwa yang sama tidak terulang kembali” Jadi sebelum menerbitkan iklan di suatu kawasan regional kita harus mendalami budaya suatu bangsa. Jika perlu pihak pembuat iklan melakukan riset pasar dengan mengumpulkan pendapat masyarakat mengenai rencana iklan yang akan dibuat. Suka atau tidak hal ini nantinya juga bisa membantu agar iklan yang akan diluncurkan tidak menjadfi masalah untuk jangka panjang.

Implementasi Keputusan:

Menetapkan SOP sebelum menerbitkan iklan dan membuat kuisioner pendapat masyarakat tentang iklan yang akan kita terbitkan. Selain itu memahami budaya – budaya kawasan yang akan diiklankan.

  1. 3.     Tingkat Penjualan Rendah

H&M tidak lagi menjadi kiblast fast fashion seperti dulu. Bukan rahasia lagi bahwa mereka telah berjuang selama dua tahun terakhir,  dan masih kalah dari pesaingnya seperti Zara dan ASOS.

Pada Q4 2017, H&M mengalami tingkat penjualan terendah sejak 2005 dan di Q1 2018 penjualan operasional H&M turun 62% dibandingkan tahun sebelumnya . Keuntungan yang lemah menyebabkan investor utama menjual saham , mengakibatkan anjloknya harga saham sebesar 20%.

Saat ini, penjualan online H&M hanya 22% dari keuntungannya . Mereka telah jatuh di belakang pesaing fashion e-commerce seperti ASOS, Boohoo, Missguided dan Zalando yang memenangkan konsumen Gen Z dan Millennial di kancah belanja online.

 

Identifikasi Solusi :

a.     Melakukan iklan secara gencar dengan target yang jelas serta tepat sasaran dan membuat Inovasi Produk yang mengikuti trend kekinian

b.     Membranding produk baju dengan sewa model terkenal supaya baju lebih dikenal oleh masyarakat

c.      Mendesain baju lebih menarik

 

Memilih solusi : (Solusi A)

 

“Melakukan iklan secara gencar dengan target yang jelas serta tepat sasaran dan membuat Inovasi Produk yang mengikuti trend kekinian”

Ketika penjualan menurun pasti ada yang salah dengan produk HnM entah dari produknya atau dari segi pemasarannya. Dari sini perusahaan HnM perlu melakukan inovasi – inovasi baru supaya tidak kalah saing dengan pihak kompetitornya. Selain itu HnM juga perlu melakukan iklan produk yang tertarget supaya tepat sasaran sehingga penjualan bisa meningkat.

 

4     Diskon Besar yang Membuat Konsumen Ketergantungan Membeli Barang Murah

 

H&M terjebak dengan diskon besar dan promosi untuk membersihkan tumpukan inventaris yang tidak terjual. Namun strategi agresif ini membuat para pemegang saham dan analis khawatir tentang citra merek HnM menjadi hilang. Bukan hal yang aneh bagi ritel fashion menerapkan strategi diskon untuk membersihkan stok lama tetapi hal ini memiliki risiko kedepannya sebab konsumen terbiasa membeli  pakaian diskon dengan harga yang lebih murah dari harga normal. Dalam jangka panjang, konsumen mungkin akan ketergantungan dengan diskon besar H&M dan hanya akan membeli barang-barang berharga murah. Pada akhirnya akan menyebabkan persediaan yang tidak terjual menumpuk kembali. Membuat siklus kejam dari industri ritel ini tidak mudah dihindari.

 

Identifikasi Solusi :

a.     Memproduksi baju sesuai permintaan pasar dan menghitung dengan cermat berapa permintaan pasar.

b.     Tidak mengadakan diskon secara terus menerus dan batasi diskon. Hanya mengadakan diskon pada moment tertentu. Misalnya hari raya atau anniversary perusahaan HnM.

Memilih solusi : (Solusi B)

 

“Tidak mengadakan diskon secara terus menerus dan batasi diskon. Hanya mengadakan diskon pada moment tertentu. Misalnya hari raya atau anniversary perusahaan HnM”

Karena ketika HnM mengadakan diskon besar – besaran secara terus menerus hal ini membuat konsumen hanya membeli barang – barang dengan harga diskon yang cenderung lebih murah. Dalam jangka panjang konsumen  tidak mau membeli produk dengaan harga normal dan menyebabkan nilai barang HnM akan turun.

 

Comments

Popular posts from this blog

Cara membuat krim malam dan pemutih tanpa efek samping 2018

Cara membuat Krim wajah cepat putih ala Sherry creat. Cream adalah  "emulsi" dari dasar air dan minyak dasar  dengan menggunakan "agen emulsifier" untuk mengikat dua basis sehingga mereka tidak akan memisahkan.   Perbedaan mendasar antara krim dan lotion adalah jumlah / penggunaan berbagai minyak dan persentase dasar air untuk merumuskan krim.   Krim tebal dari lotion, mungkin memiliki berbagai kegunaan dan sering salah menggunakan lebih bervariasi minyak / mentega, tergantung pada efek yang diinginkan pada kulit.   Dalam formulasi Cream, persentase air-base adalah sekitar 60-75% dan minyak-dasar adalah sekitar 20-30% dari total, dengan persentase lainnya adalah emulsifier agen, pengawet dan aditif untuk total 100%.   Pada dasarnya Teori saya adalah bahwa ada dua jenis krim.  Satu umumnya berpikir tentang krim sebagai krim malam, krim hari, krim bayi, krim kaki, krim wajah, dll, tapi saya sarankan bahwa ada dua jenis krim yang mencakup...

Review Jujur Masker Vivelle Pink “Collagen Pomegranate Virgin Coconut Oil”

3 Minggu kemarin aku jalan - jalan ke Guardian di Mall Olympic Garden di Kota Malang, langsung saja mataku mengarah ke rak – rak masker yang ada di barisan tengah. Yup masker Vivelle Colagen berwarna pink ini menarikku untuk mencobanya. Harga masker Vivelle coconut oil ini lumayan mahal harganya sebesar Rp. 22.000 untuk harga 1 masker 1 kali pakai. Akhirnya aku memutuskan untuk membeli mask sheet Vivelle ini 1 pcs saja sebagai percobaan apakah masker Vivelle pink ini mampu mengatasi mukaku yang berminyak dan berjerawat. ( Bagaian depan masker Vivelelle Coconut Oil ) Masker Vivelle collagen olive oil yang pink ini memiliki bungkus yang mudah di buka yang mana masker ini memiliki kandungan collagen, coconut oil dan olive oil yang memiliki fungsi utama untuk   memb antu mengurangi kerutan halus, menjaga keremajaan kulit dan melembabkan wajah. ( Bagaian belakang masker Vivelle Coconut Oil ) Waktu dibuka masker ini seketika meng eluarkan bau harum seperti aroma – aroma...

Review Castella Whitening Body Lotion : Handbody Kemasan Sapi yang Lucu

Di kesempatan kali ini aku akan mereview product milik “Castella”, produk ini sedang booming di Instagram dan kamu dapat melihat di setiap ollshop pasti akan menjual handbody kemasan sapi yang lucu ini. Harga yang di jual di ollshopers Instagram ini berbeda- beda mulai dari 30 – 15 ribu. ( Tampak depan Castella Whitening Body Lotion ) Aku sendiri tidak sengaja menemukan Castella body lotion ini waktu jalan – jalan di Giant supermarket di Kota Malang. Aku tertarik dengan kemasannya yang berbetuk sapi yang super duper imut menurutku dan juga label whitening yang tersemat disana membuat tekadku untuk membeli Castella Whitening Body Lotion ini semakin bulat. Mulanya aku mengira produk ini merupakan produk impor namun aku salah duga ternyata si Castella ini merupakan produk lokal yang diproduksi oleh PT.   Bukit Perak yang pabriknya berada di Kota Semarang. ( Tampak belakang produk  Castella Whitening Body Lotion ) Kemarin aku dapetin handbody ini dengan harga Rp...