Poin
A
Struktur pasar:
Ditinjau
dari struktur pasarnya perusahaan kosmetik asal Korea yang saat ini berkembang
di Indonesia memiliki struktur pasar persaingan sempurna. Karena jumlah penjual
produk kosmetik Korea di Indonesia juga banyak sekali tidak hanya Missha saja,
contoh kompetitor dari Missha/ brand kosmetik Korea yang ada di Indonesia
adalah SKII, Nature Republic, Sulwhasoo , Pyunkang yul, Benton dan masih banyak
lagi.
Jenis Produk:
Jenis
produk yang dijual oleh Missha diantaranya adalah Cleansing (masker),
skin care, body’s care, hand care, foot care, Hair care, fragrance, make up
serta accessories.
Kekuasaan perusahaan: Missha
tidak memiliki kekuasaan penuh terhadap pasar karena dalam pasar persaingan
sempurna ini pasarnya juga dikuasai oleh produsen lain/ produsen kosmetik Korea
yang menjual barangnya di Indonesia.
Hambatan : Saat ini hambatannya ada di proses
impor barang ke Indonesia karena terdampak pandemi dan barang lumayan lama
sampai ke Indonesia. Selain itu peraturan tarif pajak impor baru yang cukup
tinggi lumayan memberatkan, sehingga mau tidak mau hal ini berdampak pada harga
brand Missha.
Akses Informasi harga dan Kualitas :
Akses
informasi harga dapat dilihat di website Missha Indonesia dan beberapa
e-commrce yang sudah bekerja sama secara langsung dengan Missha seperti iLOTTE
dan Sociola. Sementara untuk kwalitasnya konsumen bisa melihat review produk
di website female daily atau bisa juga
melihat review produknya di website Sociolla review.
Umumnya
harga produk Missha berada di rentang harga Rp.100.000 – Rp.950.000 jika tidak
diskon. Namun ketika diskon besar –besaran harga produknya berada di rentang
harga mulai dari Rp.12.500 saja.
Kwalitas
produk Missha merupakan premium karena produk ini menggunakan bahan – bahan
berkwalitas asli Korea yang umumnya bahan – bahan ini dari tumbuhan/ organik.
Poin B
Note:
Produk Missha yang ada lingkaran merah.
Posisi
produk Missha berada di tengah atas dimana produknya superior memiliki kwalitas
yang bagus dan juga harganya sedikit mahal dibandingkan dengan produk lainnya.
Poin C
Strategi
yang perlu dilakukan perusahaan untuk memenangkan persaingan:
Missha
menggunakan strategi diskon beberapa bulan sekali untuk memenangkan strategi
persaingannya. Diskon besar – besaran yang dilakukan oleh Missha ini
menargetkan pelanggan baru supaya mencoba produk Missha. Jika pelanggan baru
ini menyukai hasil akhir setelah menggunakan perawatan produk Missha maka ia
akan membeli lagi.
Untuk memenangkan persaingan
penjualan dan mempercepat penjualan produknya Missha juga menjual produknya di
e-commrce seperti iLOTTE, Sociolla dan shopee selain membuka gerainya di beberapa
Mall yang ada di Indonesia.
Mereka juga menciptakan produk berkwalitas yang bagus untuk memenangkan strategi penjualan. Meskipun harganya sedikit mahal ketika tidak diskon Missha akan tetap dicari karena kwalitasnya yang bagus.
Demikian artikel yang saya tulis diatas semoga membantu.
Comments
Post a Comment